Cari Blog Ini

Sabtu, 05 Januari 2013

SISTEM REPRODUKSI


SISTEM REPRODUKSI 

Arti dan Tujuan Arti  - Reproduksi merupakan suatu proses biologis di mana individu organisme baru diproduksi .   -  Reproduksi adalah cara dasar mempertahankan diri yang dilakukan oleh semua bentuk kehidupan; setiap individu organisme ada sebagai hasil dari suatu proses reproduksi oleh pendahulunya

Tujuan   adalah Pembentukan individu baru dari individu yang telah ada  dan mempertahankan keberadaan jenisnya
Secara aseksual  adalah cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual (tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina).  Umumnya terjadi pada hewan invetebrata Ada beberapa cara  :

a.Fragmentasi yaitu pemisahan salah satu bagian tubuh yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Contohnya Planaria sp dan Asterias sp.. 

bBudding/tunas/gemmulae yaitu pembentukan tonjolan pada salah satu bagian tubuh hewan dan adapat berkembang menjadi individu baru. Contohnya hewan Acropora sp dan Euspongia sp.
c. Parthenogenesis yaitu terbentuknya individu baru melalui sel telur ya

ng tanpa dibuahi. Contohnya lebah madu jantan, semut jantan dan belalang.


d. Paedogenesis yaitu terbentuknya individu baru langsung dari larva/nimpha. Contohnya pada Class Trematoda/cacing isap yaitu Fasciola hepatica dan Clonorchis sinensis.


e. Fisi yaitu pembelahan sel pada sel induk dan hasilnya akan berkembang menjadi individu baru. Dibedakanmenjadi 2 yaitu pembelahan biner, contohnya pada Bakteri dan pembelahan multiple paada Virus.Sporulasi yaitu dengandibentuknya spora pada sel indukdan akhirnya spora akan berkembang menjadi individu baru. Contohnya pada Plasmodium sp. 

Secara seksual,
  Reproduksi seksual membutuhkan keterlibatan dua individu, biasanya dari jenis kelamin yang berbedaSuatu  individu dapat melakukan reproduksi tanpa keterlibatan individu lain dari spesies yang sama  Dimana Melibatkan 2 induk yaitu jantan memberikan 1 sel sperma dan betina memberikan 1 sel telur (ovum), dan bergabung membentuk telur bertunas (zigot) dan berkembang menjadi satu atau lebih individu baru 


Alat reproduksi hewan jantan   Susunan alat kelamin jantan pada umumnya terdiri dari:Alat kelamin utama yaitu gonad atau testisSaluran alat kelamin yang terdiri dari epididymis, vas deferens, ampula dan urethra. Kelenjar-kelenjar asesoris yaitu vesikularis, prostata dan Cowper

.Alat kelamin luar yaitu penis yang terdiri dari  preputium dan skrotum. Alat Reproduksi hewan  Betina 

a. Ovarium  Merupakan alat kelamin betina yang bertanggung jawab atas diferensiasi dan pelepasan oosit matang untuk fertilisasi dan perkembangbiakan dari spesies. Ovarium juga sebagai organ endokrin yang memproduksi hormon steroid yang memungkinkan berkembangnya ciri-ciri seksual betina sekunder dan mendukung kebuntingan Pada umumnya, ovarium terdapat dua buah, yaitu kanan dan kiri yang terletak di dalam rongga pelvis.Strukturnya oval, Ovarium tidak terikat dengan tuba falopii dengan saluran telur yang terbuka ke arah fimbriae,

b. Tuba Falopii  Pangkal dari tuba falopii terdapat fimbrae, fimbrae adalah struktur berbentuk corong yang berfungsi menangkap ovum yang telah di ovulasi oleh ovarium dan akan di teruskan ke arah tuba falopii. Tuba falopii merupakan saluran reproduksi betina yang kecil, berliku-liku dan kenyal serta terdapat sepasang dan merupakan saluran penghubung antara ovarium dan uterus. 

c.  Uterus biasanya memiliki dua buah tanduk (kornua uteri), satu buah tubuh (korpus uteri), dan satu buah leher rahim (servik uteri). Tipe bentuk uterus hewan ada bermacam-macam, antara lain:Uterus Simpleks Uterus tipe ini dimiliki oleh primata dan mamalia sejenis.Uterus tipe ini mempunyai servik uteri, korpus uteri nya jelas dan tidak memiliki kornua uteri.

Uterus Bipartitus  Uterus tipe ini dimiliki oleh sapi, domba, anjing, kucing, dan kuda. Uterus tipe ini mempunyai satu servik, korpus uteri jelas terutama pada kuda, mempunyai kornua uteri, dan terdapat sebuah septum pemisah kedua kornua uteri.

Uterus Bikornis Uterus tipe ini dimiliki oleh babi. Korpus uterus sangat pendek, sebuah servik dan kornua uteri panjang serta berkelok-kelok.


Uterus Duplek Uterus tipe ini dimiliki oleh tikus, mencit, kelinci, dan marmot. Uterus tipe ini memiliki dua korpus uteri, dan dua servik

.Uterus Delphia Uterus tipe ini dimiliki oleh hewan berkantung, seperti opossum, kanguru, dan platypus. Semua saluran kelaminnya terbagi dua yaitu dua kornua uteri, dua korpus uteri, dua servik, dan dua vagina.

d. VaginaMerupakan saluran kelamin betina yang berfungsi sebagai tempat penumpahan semen. Vagina juga merupakan jalur pengeluaran fetus dan plasenta pada saat partus.


Spermatogenesis    adalah  Proses pembentukan gamet jantan

oogenesis   Adalah Proses pembentukan gamet betina. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar